Berita
UIN Palu dukung mahasiswa laksanakan kegiatan peningkatan kompetensi

UIN Palu dukung mahasiswa laksanakan kegiatan peningkatan kompetensi

Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu, Sulawesi Tengah, memberikan dukungan penuh kepada mahasiswa di kampus tersebut, untuk melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler dalam rangka menopang kompetensi, bakat dan minat serta keterampilan mahasiswa.

“Iya, pembinaan dan peningkatan kompetensi mahasiswa, menjadi satu fokus UIN Datokarama Palu dalam meningkatkan daya saing mahasiswa dan perguruan tinggi,” kata Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Keuangan UIN Datokarama Palu Dr H Kamaruddin, di Palu, Kamis.

Komitmen itu, kata Kamaruddin diikutkan dengan kebijakan pimpinan untuk memberikan dukungan kepada setiap organisasi intra kampus atau Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).

Selain itu, UIN Palu juga memberikan dukungan kegiatan kepada senat mahasiswa dan dewan eksekutif mahasiswa di tingkat fakultas dan univeristas.

Hal itu agar, mahasiswa yang berkecimpun di organisasi intra kampus baik UKM, senat mahasiswa dan dewan mahasiswa, dapat mengelola dan mengembangkan potensi dan karya lewat kegiatan, untuk kepentingan peningkatan bakat dan minat, serta mengasah kompetensi intelektual dan keterampilan.

Dr Kamaruddin mengapresiasi mahasiswa atas terselenggaranya Expo UIN Datokarama Palu tahun 2021 yang dilaksanakan oleh Dewan
Eksekutif Mahasiswa.

Ketua DEMA UIN Datokarama Palu Muhammad Shadiq Muntashir mengemukakan Expo yang dilaksankan oleh pihaknya salah satu tujuannya untuk memperkenalkan UIN Palu kepada masyarakat Sulteng.

Selain itu, sebut Muhammad Shadiq expo tersebut juga untuk memberikan pemahaman tentang moderasi beragama kepada mahasiswa lainnya dan masyarakat, melalui seminar moderasi beragama.

“Juga bermuatan untuk peningkatan kreatifitas dalam perekonomian mahasiswa melalui seminar ekonomi dan bazar UMKM,” sebutnya.

Expo tersebut, juga diharapkan dapat berdampak pada peningkatan aktivitas generasi muda melalui short movie dan pameran khas Sulteng, dan peningkatan pemberdayaan perempuan.

Expo UIN Datokarama Palu tahun 2021 dilaksanakan mulai tanggal 4 – 6 November 2021 meliputi kegiatan di antaranya dialog lintas agama, talk show perempuan, hubiran, bazar dan pameran UMKM.